Berapa Lembar Kertas yang Dapat Diproduksi dari Satu Pohon?

Posted: August 16, 2010 in Umum
Tags: , ,

Walaupun sulit untuk menentukan jawaban yang tepat, berikut ini adalah cara bagaimana kamu akan menjawab pertanyaan tersebut. Pertama kamu perlu menentukan “pohon apa” yang digunakan? Apakah pohon yang besar atau pohon yang kecil?

Kebanyakan kertas dibuat dari pohon pinus. Umumnya pohon pinus yang sudah dewasa mempunyai diameter sekitar 30 cm dan tingginya 18,3 meter. Dengan mengabaikan keruncingannya, kira-kira 1,3 meter persegi dari pohon (pi x radius persegi empat x panjang = 3,14 x 6 x 6 x 60 x 12). Jadi, 2 x 4 bagian kayu beratnya kira-kira 4,5 kilogram dan memuat kayu 0,008 meter kubik (3,5 x 1,5 x 8 x 12). Hal ini berarti berat satu pohon pinus kira-kira 730 kilogram. Pabrik pembuat kertas akan mengubah kayu menjadi bubur. Hasilnya kira-kira 50% atau setengah dari pohon adalah simpul, lignin, dan bahan-bahan lainnya yang tidak baik digunakan untuk membuat kertas. Jadi, hasil satu pohon pinus kira-kira 365 kilogram kayu.

Satu rim kertas mempunyai berat kira-kira 2,27 kilogram (5 pon) dan terdiri atas 500 lembar kertas. (Kita sering melihat kertas digambarkan sebagai stok 20 pon atau stok 24 pon. Gambaran ini menggantikan berat dari 500 lembar dari 17 inci x 22 inci kertas). Jadi sebuah pohon akan menghasilkan 805/5 x 500 atau 80.500 lembar kertas.

Sumber: Berapakah Berat Bumi (buku)

About these ads
Comments
  1. TIKA says:

    permisi………. : )
    boleh tau tidak kandungan /zat yang menyebabkan pohonm pinus dapat di buat kertas ? jawabannya di tunggu yann
    sebelumnya yerima kasih………………….

    from:tika muchtar

    • haf2 says:

      Sebenarnya bukan pinus saja yg bisa dibikin kertas,,, Tahu pohon ganja?? Ternyata ganja merupakan bahan penghasil kertas dgn kualitas terbaik,,, Naskah kemerdekaan amerika serikat katanya dibikin dari serat ganja, dan masih utuh…

      Kalo kayu pinus emang banyak bgt serat selulosa nya… seratnya panjang, bagus utk bikin kertas dalam jumlah banyak… Kenapa umumnya pilih pinus? mungkin karena cepat tumbuh ato bgimana ya?? hehe… mungkin ada yg lebih tau ?? XD

  2. Nina says:

    Karena Pinus pohon yang kuat, tahan di segala musim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s